info terbaru

19/01/10

MEMULAI USAHA AIR MINUM DARI RUMAH

Kewirausahaan menjadi jawaban disaat kondisi dunia usaha makin berat dan melambat. Memang menbutuhkan keberanian besar untuk memulai sebuah wirausaha. Selain modal, kewirausahaan juga memerlukan sesuatu hal yang lebih penting dari semua itu. Semangat dan jiwa kewirausahaan adalah kunci dari keberhasilan memulai sebuah usaha. Kecintaan terhadap pilihan hidup dan usaha yang digeluti juga menjadi poin penting dalam sebuah kewirausahaan.

LOKASI

Saat kita memulai sebuah usaha, hal pertama yang harus kita fikirkan adalah dari mana kita memulai suatu
usaha tersebut; karena pemilihan lokasi saat kita memulai suatu usaha, akan mempengaruhi modal yang akan kita keluarkan, seperti biaya sewa tempat, biaya renovasi, biaya transportasi, dan lain-lain. Jadi pilihlah lokasi yang mengeluarkan biaya sedikit mungkin.

Jika kita baru pertama kali memulai suatu usaha, dan kita belum begitu mengerti tentang dunia usaha, sebaiknya kita memulai usaha dengan mengeluarkan modal seketat mungkin, oleh karena itu untuk pemilihan lokasi tempat usaha, sebaiknya kita pilih lokasi di rumah kita sendiri.

Rumah adalah tempat yang tepat untuk memulai suatu usaha, selain kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk sewa tempat, juga kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi menuju ketempat kerja, dan ada banyak keuntungan-keuntungan lainnya.
Setelah kita memilih lakasi untuk tempat usaha, langkah selanjutnya adalah memilih jenis usaha,

JENIS USAHA
Memilih jenis usaha yang akan kita jalani, sangat penting karena usaha yang akan kita jalani ini mempunyai pasar yang bagus atau tidak, dan usaha kita ini dapat berkembang dengan baik atau tidak, ini sangat penting sekali, karena usaha yang bagus itu usaha yang mempunyai prospek kedepan.

Usaha yang mempunyai prospek bagus itu adalah usaha yang berhubungan dengan kebutuhan manusia, kenapa? Karena jika usaha kita berhubungan dengan kebutuhan manusia maka secara automatis usaha kita tersebut akan dibutuhkan.

Atas dasar pemikiran tersebut maka kita memulai usaha yang berhubungan dengan kebutuhan manusia. Ada banyak kebutuhan manusia; sandang, pangan, papan. Yang manakah yang seharusnya kita pilih?. Semua usaha yang berhubungan dengan kebutuhan manusia sudah dipastikan memiliki prospek yang cerah.
Air merupakan kebutuhan dasar manusia, 75% - 80% tubuh manusia terdiri dari air. Dengan kesimpulan tersebut maka setiap manusia tidak dapat menolak air dan kita dapat memulai usaha yang berbahan dasar air.

Air minum adalah jenis usaha yang stabil karena air minum selalu dikonsumsi masyarakat, jadi kita memulai usaha air minum dari rumah, dan berhubung kita baru pertama kali membuka usaha air minum sebaiknya kita memulai dari air minum isi ulang.

MEMPERSIAPKAN MODAL
Setelah kita putuskan untuk membuka usaha air minum isi ulang, hal selanjutnya yang harus kita persiapkan adalah Modal ( mesin penyaring air ( Reverse Osmosis ), gallon 20 buah, tutup gallon, tissue,TDS, elektroliza ).

Rincian biaya:
- Mesin Penyaring Air Reverse Osmosis = Rp. 2.000.000,-
- TDS & Elektroliza = Rp. 200.000,-
- Gallon @ Rp. 40.000,- x 20 buah = Rp. 800.000,-
- Tutup gallon per/1000 = Rp. 200.000,-
- Tissue per/1000 = Rp. 50.000,-
T O T A L = Rp. 3.250.000,-

Setelah kita membeli semua perlengkapan air isi ulang langkah selanjutnya adalah memasang intalasi mesin penyaring air. Kelebihan mesin penyaring air Reverse Osmosis adalah kita dapat menggunakan air apa saja sebagai bahan baku untuk dijadikan air minum, ( air gunung, air tanah ataupun air PDAM ) dan untuk menekan biaya produksi lebih baik kita gunakan air tanah.
Sambungkan selang dari mesin penyaring air Reverse Osmosis ke kran air, lalu selang pembuangan air dari membrane disambungkan ke bak mandi ( sisa air penyaringan dapat kita gunakan untuk mandi ataupun untuk cuci ). Sambungkan adaptor ke listrik setelah itu mesin penyaring air Reverse Osmosis siap digunakan.
Hasil air dari mesin penyaring air Reverse Osmosis tes dengan menggunakan TDS lihat hasilnya, jika angka menunjukkan > 0,10 berarti air sudah siap digunakan.

PEMASARAN
Setiap usaha, promosi adalah kunci sukses, karena tanpa promosi konsumen tidak akan kenal dengan produk kita. Oleh karena hal tersebut maka mulailah kita mengenalkan kepada para tetangga dan teman-teman kita.
Undanglah para tetangga dan teman-teman dan buatlah demo perbandingan air produk kita dan air yang yang ada dipasaran dengan menggunakan TDS dan elektroliza. Setelah ada hasilnya ( yang pasti air kita lebih unggul ).
Buat brosur dan sebarkan dilingkungan anda dan jangan lupa andapun siap dengan system antar.

Selamat mencoba..

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar