info terbaru

18/02/12

Ide Bisnis Usaha & Berbagai Peluang Usaha



Sering kali berbagai kisah sukses seseorang dalam berbisnis benar-benar menginspirasi kita untuk terjun ke dalam dunia bisnis juga. Sementara itu, potret kehidupan nyaman sebagai pegawai negeri ataupun swasta tidak begitu membuat orang lain terpana lagi. Salah satu alasan adalah manajemen waktu oleh diri sendiri, begitu juga dengan kebebasan finansial serta pekerjaan yang memang sesuai dengan passion masing-masing.

Namun, salah satu kendala untuk terjun ke dunia bisnis bagi umum adalah: tidak memiliki ide bisnis usaha. Ya, banyak yang berdalih bahwa mereka tidak tahu mau menjalankan bisnis apa agar sukses. Takut kalau-kalau usaha tersebut malah tidak jalan.


Padahal jika dipikir-pikir lagi, ada banyak ide bisnis usaha dengan berbagai peluang usahanya di dunia ini. Oke, tidak bicara di dunia ini saja tetapi dalam pikiran kita masing-masing. Mari coba kita lihat beberapa jenis ide bisnis usaha yang bisa dikembangkan saat ini:

1. Bisnis Internet                                  
Sekarang semakin banyak orang sudah melek Internet sehingga industri ini sendiri mengalami perkembangan pesat. Orang-orang sudah biasanya mencari segala hal melalui Internet, nah apakah Anda sudah menangkap peluang usaha ini? Menjadikannya sebagai media Anda untuk berbisnis.

2. Bisnis E-commerce
Seiring perkembangan Internet, berbelanja dan bertransaksi via Internetpun semakin marak. Ini terlihat dari pertambahan situs-situs e-commerce seperti misalnya Bhinneka.com, Lazada, situs iklan Tokobagus,
situs iklan PeLapaK dan penataan ulang FJB Kaskus.

3. Bisnis kuliner
Makanan sendiri adalah kebutuhan pokok manusia, sehingga yang namanya kuliner pasti selalu dicari. Maka dari itu, ide bisnis usaha kuliner dapat Anda pertimbangkan. Apalagi jika Anda punya resep unik!

4. Bisnis kontruksi rumah
Rumah adalah kebutuhan primer sehingga ide bisnis usaha konstruksi rumah akan selalu dibutuhkan dan berkembang.

5. Bisnis Data
Perkembangan teknologi turut membuat perusahaan-perusahaan menggunakannya pula. Namun, masih banyak yang masih berpengetahuan minim mengenai pengelolaan data. Oleh karena itu, Anda bisa menangkap peluang ini dengan menawarkan jasa pengelolaan data sehingga membantu perusahaan-perusahaan tersebut mengambil kebijakan dan strategi yang tepat.

6. Konsultan IT
Perkembangan teknologi yang pesat tentunya memberi tempat istimewa bagi orang IT. Banyak sektor yang menyadari pentingnya penggunaan IT dalam mencapai target mereka. Oleh karena itu pula, nasehat seorang konsultan IT juga sangat dibutuhkan.

7. Bisnis transportasi dan logistik
Transportasi ataupun jasa pengangkutan adalah kebutuhan mutlak bagi berbagai industri. Maka dari itu, Anda bisa menjadi bagian yang menyediakan kebutuhan transportasi tersebut ataupun menyediakan jasa pengangkutan.

8. Bisnis Air
Air bersih adalah kebutuhan mutlak setiap manusia. Permintaan air sendiri terus meningkat. Apakah Anda melihat peluang ide bisnis usaha di bidang air ini? Salah satu yang paling sederhana adalah membuka usaha air minum.

Tidak perlu melulu menjadi produsen memang dalam memulai sebuah bisnis. Anda bahkan bisa menjadi semacam konektor antara pihak produsen dan konsumen. Yang penting adalah memiliki konsep bisnis yang kuat dan kemampuan menjual. Untuk memiliki ide bisnis usaha yang berprospek maka Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini:
  • Kenali kebutuhan lingkungan terdekat Anda sehingga ide bisnis usaha yang akan dijalankan memang cocok dengan lokasinya.
  • Gali ide dari berbagai media massa sebagai sumber informasi.
  • Belajar dan mencari berbagai ide usaha yang sudah ada lalu ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Tentu dengan catatan ada value added bagi calon konsumen.
Ya, yang pasti adalah harus tekun dan tidak mudah menyerah. Perhatikan pula kebutuhan konsumen Anda dan miliki strategi yang unik. Produk yang Anda tawarkan boleh sama dengan kompetitor namun cara yang membuatnya berbeda.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar