info terbaru

20/05/15

Cara Bermain Saham yang Aman untuk Pemula



Saham adalah salah satu bentuk keuangan yang satu. Ini adalah salah satu produk paling populer dijual di pasar modal. Saham sendiri sering dimanfaatkan sebagai alat investasi menambah uang yang diperoleh dari keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun tentunya agar dapat memperoleh kesuksesan, kita mesti tahu cara bermain saham. Ini penting mengingat berinvestasi saham tanpa pengetahuan yang benar dan baik hanya akan menghasilkan kerugian, bukannya keuntungan. Tentu tidak ada yang mau mengalami kerugian, apalagi mengalami kebangkrutan.


Masyarakat sendiri telah tergolong cerdas soal melakukan investasi apakah itu jangka panjang atau jangka pendek. Investasi pada umumnya dilakukan berguna untuk menghidupi masa tua kelak sehingga tidak perlu kuatir mengenai banyak hal di masa tua. Tiap orang memiliki tipe masing-masing, ada yang merasa nyaman untuk melakukan investasi pada emas, properti dan juga investasi saham. Nah, sekarang kita akan membahas mengenai investasi saham untuk pemula!

Cara Bermain Saham untuk Pemula
Anda yang ingin bermain saham dan masih (merasa) pemula kemungkinan besar tidak begitu tahu langkah pasti yang harus diambil. Khususnya untuk langkah pertama yang aman. Perlu diketahui dulu bahwa saham adalah satuan nilai ataupun pembukuan yang terdapat instrumen finansial terkait kepemilikan dalam sebuah perusahaan. Inilah definisi saham. Melalui pemahaman ini kita bisa melangkah ke tahap berikutnya.

Perusahaan-perusahaan yang menerbitkan saham berharap pendanaan secara jangka panjang. Hal ini adalah untuk mendukung kepentingan bisnis, saham serta imbalan tunia. Metode ini adalah salah satu metode utama selain menerbitkan obligasi. Jadi, saham sendiri dijual lewat pasar primer atau primary market dan / atau pasar sekunder yakni secondary market.

Ketika seseorang ingin terjun dalam pasar saham, maka ada 3 aturan dan cara bermain saham yakni:
  • Punya dana yang cukup
  • Punya waktu yang cukup
  • Punya pengetahuan yang cukup tentang saham
Mengapa disebutkan dana yang cukup? Ini dikarenakan harganya tentu tidak murah untuk satu slot saham, dan bentuk investasinya cenderung jangka panjang. Jadi, dana itu sendiri adalah dana yang memang sudah dialokasikan untuk investasi. Sementara itu, bermain saham butuh waktu yang cukup karena Anda akan dituntut melakukan pengawasan dan analisis berbagai macam saham. Tentunya pengetahuan adalah yang menyangkut saham dan berbagai potensinya.

Ya, ada beragam saham yang bisa Anda pilih dengan potensi masing-masing. Sebagai contoh ada saham biasa dan juga saham preferen.

Nah, setelah melakukan analisis dan pemilihan tersebut, seorang investor masuk ke lantai bursa. Anda akan diberi formulir nasabah dari sebuah perusahaan sekuritas dimana Anda bergabung. Data yang Anda isi harus benar disertai dengan fotokopi KTP. Kemudian, Anda bisa melakukan transfer sebagai deposit awal ke rekening broker.

Ketika Anda masih ragu dengan pilihan saham Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak broker dari perusahaan sekuritas dimana Anda bergabung. Besaran nilai yang akan Anda investasi bergantung pada harga saham yang Anda pilih. Selanjutnya, Anda bisa melakukan transfer dana ke nomor rekening pihak perusahaan sekuritas. Agar memudahkan Anda sebaiknya catat nomor call center dari perusahaan sekuritas tersebut. Dengan begitu, Anda bisa melakukan aksi jual sewaktu-waktu harga saham sesuai dengan yang Anda tentukan.

Namun, sebagai saran bagi Anda yang pemula sebaiknya coba dahulu investasi reksadana. Dengan begitu, Anda akan lebih mengerti cara bermain saham karena sudah biasa untuk memantau portofolio saham-saham yang ada.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar