info terbaru

21/07/11

USAHA RENTAL MOBIL


Bidang usaha rental mobil selalu mendapat berkah terutama saat liburan panjang. Tak heran jika permintaan meningkat 30% menjelang liburan sekolah, liburan lebaran dan tahun baru. Bagusnya usaha rental ini bukan usaha musiman, pasalnya jasa rental mobil akan terus diperlukan tiap bulan oleh masyarakat yang memerlukan sewa mobil dengan system harian hingga perkantoran dengan system sewa bulanan.

Para pelaku usaha rental mobil dapat menawarkan rental harian dan bulanan, baik dengan supir maupun tanpa supir (lepas kunci). Rental harian dengan supir, batas waktu rental
selama 10 jam/hari dan jika melebihi waktu tersebut, parental akan dikenakan biaya over time sekitar Rp. 45-75 ribu/jam yang disesuaikan dengan jenis mobil yang disewa. Sedangkan untuk rental harian tanpa supir waktunya selama 24 jam dan jika melebihi waktu yang ditentukan juga akan dikenakan biaya over time. Selain itu parental juga harus menanggung biaya bensin, tol, parkir, akomodasi, dan uang makan supir sebesar Rp. 100 ribu.

Lakukan pemasaran dengan memasang iklan di media masa, serta membuat website di internet, dan jika para pelaku usaha rental mobil dapat memberikan pelayanan yang memuaskan maka akan banyak penyewa yang melakukan rekomendasi.

Biasanya kendala yang dihadapi dalam melakukan usaha rental mobil adalah tidak semua penyewa mengerti bahwa biaya rental yang ditentukan itu tidak termasuk biaya bensin, akomodasi uang tol, parkir, dan uang makan supir. Sedangkan resiko terbesar usaha rental mobil adalah pencurian mobil baik oleh penyewa maupun supir. Guna menekan resiko pencurian mobil para pelaku usaha sebaiknya memasang GPS ( Global Positioning System ).

Syarat-syarat rental mobil:
Rental dengan supir
  1. Uang sewa dibayar di muka sebelum mobil dibawa baik tunai maupun transfer.
  2. Menunjukan identitas asli (KTP) penyewa yang kemudian difoto oleh petugas dari rental dan penyewa menyerahkan fotokopi KTP.
  3. Memiliki identitas dan tempat tinggal yang jelas yang dibuktikan dengan menunjukan sertifikat kepemilikan rumah saat disurvey ke tempat penyewa oleh petugas rental.
  4. Memberikan nomor telpon rumah, kantor, dan handpone yang masih aktif serta memberikan nomor telpon penjamin.
  5. Penyewa bersedia difoto saat berada didalam mobil oleh petugas rental.
  6. Penyewa menandatangani surat jalan.
  7. Penyewa disarankan mengisi bahan baker sekelas Petramax selama menggunakan mobil.
Rental tanpa supir
  1. Uang sewa dibayar di muka sebelum mobil dibawa baik tunai maupun transfer.
  2. Menunjukan identitas asli (KTP) dan kartu keluarga (KK) penyewa yang masih berlaku kemudian difoto oleh petugas dari rental dan penyewa menyerahkan fotokopi KTP dan KK tersebut.
  3. Memiliki identitas dan tempat tinggal yang jelas yang dibuktikan dengan menunjukan sertifikat kepemilikan rumah saat disurvey ketempat penyewa oleh petugas rental.
  4. Mengisi lembar formulir yang berisi data identitas dan memberikan nomor telpon rumah, kantor, handpone penyewa yang masih aktif serta memberikan nomor telpon penjamin.
  5. Menandatangani kontrak perjanjian bermatrai disaksikan 2 orang saksi. Fotocopi bukti identitas (KTP) saksi diberikan kepada pihak rental. Bukti identitas tersebut juga akan difoto oleh petugas rental.
  6. Menunjukkan SIM A asli dan masih berlaku dari pembawa mobil.
  7. Penyewa, saksi, dan bukti-bukti identitas bersedia difoto oleh petugas rental.
  8. Penyewa disarankan mengisi bahan baker sekelas Petramax selama menggunakan mobil
Agar para pelaku usaha rental mobil sukses sebaiknya para pelaku melakukan kiat-kiat seperti:
- Pilih lokasi usaha yang ramai seperti komplek perumahan, perkantoran dan sentra bisnis yang banyak membutuhkan rental mobil.
- Berikan pelayanan yang terbaik seperti supir dilarang untuk ugal-ugalan, dan layani parental dengan baik serta mobil dipastikan dalam kondisi bersih.
- Berikan harga yang kompetitif sehingga dapat bersaing dengan competitor namun jangan banting harga.
- Jangan sungkan untuk menggunakan mobil yang dibayar dengan cara mencicil, dengan demikian jumlah armada yang dapat melayani konsumen lebih banyak dan terkadang kewajiban membayar utang menjadi cambuk untuk usaha lebih giat lagi.
- Perhatikan mobil dalam kondisi prima dan tak lupa berikan alat pelindung dari pencurian mobil, serta sebaiknya dilengkapi dengan perangkat keamanan bagi penumpang kendaraan.
- Gencar melakukan promosi dan menjalin kerja sama dengan beberapa pihak perkantoran yang membutuhkan jasa rental mobil. Selain itu anda juga bisa menarik calon parental seperti mendapatkan potongan harga di factory outlet setelah rental ditempat anda.

Untuk memulai usaha rental mobil diperlukan modal awal berupa mobil yang bisa dibeli dengan cara kridit. Berikut contoh perhitungan usaha penyewaan mobil.

Barang Modal
Peralatan
1 set computer Rp. 2.000.000,-
2 buah mobil (uang muka) Rp. 50.000.000,-
ATK dan Printer Rp. 500.000,-
Pesawat telpon dan biaya pemasangan Rp. 150.000,-
Jumlah Rp. 52.650.000,-

Biaya Operasional per bulan
Biaya cicilan 2 buah mobil Rp. 10.000.000,-
Listrik, air, telpon Rp. 300.000,-
Perawatan (servis rutin) Rp. 300.000,-
Biaya tak terduga seperti servis kerusakan Rp. 1.000.000,-
Jumlah Rp. 11.600.000,-

Dari perhitungan diatas, modal awal untuk usaha rental mobil sebesar Rp.64.250.000,-. Biaya sewa ditetapkan sebesar Rp.400.000,-/mobil, untuk waktu yang ditetapkan 10 jam penggunaan. Bila dalam 1 bulan kerja (20 hari) ada 2 mobil yang disewa per hari, maka dapat diproyeksikan:

Omset per bulan
 ( 2 mobil x 20 hari x Rp. 400.000,- ) Rp. 16.000.000,-
Biaya operasional Rp. 11.600.000,-

Keuntungan (27,5%) Rp. 4.400.000,-
Balik modal dalam waktu 1 tahun


Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar