info terbaru

20/12/14

Tips Mencari Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada



Ide bisnis kreatif adalah salah satu ide bisnis yang biasanya jarang ada. Ide bisnis kreatif ini tentunya memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan bisnis yang biasanya. Tidak peduli dari kalangan mana Anda apakah tua atau muda – yang penting adalah memiliki daya imajinasi tinggi. Bahkan dengan ide unik, kita bisa menjadi trend-setter bukan follower.

Namun beberapa orang sayangnya berdalih mereka tidak punya ide untuk memulai sebuah usaha. Ya, memang tahukah Anda bahwa ide menjadi
satu dasar atau landasan penting untuk memulai sebuah bisnis. Dengan berbagai ide bisnis kreatif tidak menutup kemungkinan sebuah bisnis yang awalnya kecil menjadi besar! Bagaimana caranya memperoleh ide unik untuk bisnis? Mari simak tips mencari ide bisnis kreatif berikut ini:

1. Bukan sekadar ide tapi pelaksanaan
Beberapa orang ada yang takut mengungkapkan ide bisnis kreatifnya ke publik karena takut dicuri. Ya, sah-sah saja. Namun tahukah Anda bahwa tidak cukup sekadar ide melainkan harus diikuti dengan pelaksanaan. Ide bisnis ya hanya jadi ide bisnis apabila tidak dilaksanakan, sementara itu jika direalisasikan maka menjadi ide yang berbuah project bisnis – real dapat dilihat secara kasat mata.

2. Tidak selalu berfokus pada ide bisnis baru
Tidak perlu selalu berfokus pada ide bisnis yang benar-benar baru sehingga membuat Anda malah stuck. Mulailah dari ide bisnis kecil dan sederhana. Faktanya, kebanyakan orang mengingingkan bisnis yang menguntungkan – bukan bisnis skala dunia.

3. Pelajari ide bisnis lama
Beberapa industri maju ataupun perusahaan besar terkadang mengabaikan kebutuhan sebagian kecil konsumen mereka atau pasar yang sudah dimilikinya dahulu. Nah, Anda bisa mengambil celah kesempatan ini! Coba kembangkan ide bisnis yang sudah lama dan raih peluang yang sudah tidak dilihat lagi itu.

Contoh Ide Bisnis Kreatif
Apa saja contoh ide bisnis kreatif yang dapat Anda coba? Berikut 2 contoh sederhana dari ide yang sangat sederhana. Namun, ide sederhana tersebut bisa jadi sesuatu yang unik yang jarang ada.

1. Ide Bisnis Laundry Antar-jemput
Bisnis laundry pasti sudah biasa dan sangat umum, tapi apakah bisnis laundry dengan layanan antar-jemput sudah banyak? Sepertinya belum. Anda tidak perlu membuka laundry-nya melainkan menawarkan jasa antar-jemput cucian yang diterima oleh pihak laundry tersebut.
Ide ini sebenarnya memberikan keuntungan pada kedua belah pihak: Keuntungan kepada Anda dan menaikkan reputasi laundry tersebut karena ada layanan antar-jemputnya. Anda bisa membicarakan hal ini pada pihak laundry yang sudah besar di kota Anda.

2. Bisnis es batu higienis
Biasanya es batu yang dibuat oleh pabrik es batu kurang higienis sehingga malah menyebabkan sakit tenggorokan ataupun pilek apabila dikonsumsi. Nah, Anda bisa melihat peluang ini dan memodifikasinya dengan menambahkan nilai plus!

Anda bisa membidik restoran ataupun kafe yang memprioritaskan es batu yang higienis. Tahukah Anda bahwa sekarang masih sedikit pengusaha yang menjalankan ide bisnis kreatif satu ini. Apalagi modal yang dikeluarkan tidaklah besar, kenapa tidak mencoba? Yang Anda butuhkan adalah air dengan kualitas baik dan lemari pendingin.

Intinya adalah ide bisnis kreatif menuntut kreativitas kita untuk menambah nilai tambah terhadap sebuah bisnis yang bisa saja dianggap sederhana. Bahkan, ide bisnis tersebut tidaklah perlu yang luar biasa “cetar membahana”. Cukup yang biasa namun tak biasa. Anda sendiri yang mendefinisikan “biasanya yang tidak biasa” tersebut. Selamat berkreasi!

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar